Aksi Asik Gabungan Spot, PJ, dan Tutor English Massive

DSCN7518

Minggu, 9 April 2017. Berawal dari ide kreatif antar tutor English Massive, hadirlah aksi gabungan dari beberapa spot berbeda. Puluhan partisipan level children dari KB Arjuna Mojoroto, Budi Luhur Kaliombo, Jendela Ilmu Bawang, Jeng Esti English Club Tamanan, dan Zaidan Tamanan berkumpul menjadi satu untuk acara gathering dan belajar bahasa Inggris bersama-sama. Bertempat di halaman SDN Dandangan 2 anak-anak diantar oleh Penanggung jawab spot dan orang tua mereka dari daerah masing-masing. “Kebetulan saya bekerja di SDN Dandangan II dan saya sudah berkomunikasi dengan Kepala Sekolah. Alhamdulillah beliau memberikan izin saya dan teman-teman tutor untuk meminjam tempat dan menggelar acara ini di sini” kata Angga Prasongko, tutor Emas sekaligus tenaga didik di SDN Dandangan 2.

Konsep acara sudah disiapkan secara matang di jauh hari. Terlihat dari sangat rapinya kegiatan demi kegiatan yang terlaksana pada hari itu. Bahkan untuk mengkondisikan acara, orang tua, PJ serta pengantar harus rela melihat anak-anak mereka dari luar gerbang sekolah.

collageDi bawah teriknya mentari di pagi hari, acara pun diawali dengan rangkaian games dan kegiatan seru. Melompat, berlari, berteriak dan yelyel menjadi bagian untuk pemanasan kegiatan tersebut. Tibalah pada acara inti, saat mereka harus dibagi menjadi beberapa grup dan melewati tantangan dari 3 pos. Tak terlihat wajah canggung dan malu saat mereka harus dibagi menjadi grup dengan teman-teman lain yang berasal dari spot berbeda. Mereka malah semakin semangat dan antusias karena dapat berinterksi dan bermain dengan teman baru dari berbagai spot di kelurahan lain.

Di pos pertama, mereka ditantang untuk melakukan self-introduction. Satu per satu anak di setiap anggota grup diharapkan memperkenalkan diri dengan bahasa Inggris. Mau tidak mau, setiap anak harus speak up dan berani memperkenalkan diri mereka dan pada pos ini dapat dijadikan evaluasi tutor apakah partisipan dapat mengaplikasikan materi introduction yang telah disampaikan. Di pos ke-dua, mereka harus menyusun kata menjadi kalimat. Ada berbagai macam kata yang diacak dan mereka diberi batasan waktu untuk menyusun kalimat sebanyak mungkin. Dan pada pos terakhir, mereka harus menyusun kata. Kata tersebut disusun berdasarkan clue atau petunjuk sambil mendengarkan cerita yang disampaikan oleh tutor.

“Dengan acara seperti ini saya sangat salut sekali, saya bangga dengan English Massive karena anak-anak senang sekali dan mereka semangat mengikuti. Harapan saya acara seperti ini belajar kelompok bersama-sama (spot lain) agar terus ditingkatkan dan dilanjutkan. Kalau bisa ya anjangsana di (spot) kelurahan-kelurahan yang lain. Ini bagus sekali ternyata anak-anak lebih semangat lagi dalam mendalami bahasa Inggris dan mereka sangat luar biasa” tutur Sri Lestari, perwakilan penanggung jawab dari spot Zaidan Tamanan sambil memberikan jempolnya untuk English Massive.

Lihat aksi mereka di video berikut: