Best Friend Forever! – EMAS for SDN Pakunden 1

Mengambil tindakan dan dukungan positif di setiap permasalahan yang ada. Itulah tujuan English Massive mendatangi SDN Pakunden 1 Kota Kediri. Sudah cukup lembaran-lembaran berita di berbagai media membuat guru dan murid di sana merasa tertekan. Perlu tindakan nyata untuk membantu mereka bangkit dari masalah yang mereka hadapi.

Jumat, 2 Februari 2018. Empat belas tutor berkomitmen untuk mengembalikan semangat dan keceriaan keluarga besar SDN Pakunden 1. Kedatangan mereka disambut sangat antusias oleh guru dan pengurus di sekolah karena memang hal tersebut yang mereka butuhkan saat ini.

“Intinya untuk me-recovery psikis sekolah. Terutama guru dan anak-anaknya, karena itu kami ingin berikan pembelajaran yang menyenangkan. Kami terjunkan 14 tutor untuk membantu recovery,” 

Chevy Ning Suyudi.

Sekitar pukul 07.00 siswa SDN Pakunden 1 mulai dari kelas I hingga VI mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran menyenangkan. SAHABAT SELAMANYA. Itulah tema yang dibawa tutor EMAS di sana. Ya, walaupun konsep acara dilakukan dengan penuh kesenangan, tutor EMAS tetap menyelipkan moral value khususnya dari arti persahabatan itu sendiri.

Kegiatan diawali dengan membangun kekompakan kelas. Tutor dibagi tugasnya untuk masuk di tiap kelas. Selama 30 menit, mereka mengajak setiap kelas untuk membangun makna persahabatan yang sebenarnya. Melalui yel-yel berbahasa inggris, games dan bernyanyi, secara langsung siswa diajarkan pentingnya kerjasama dan kebersamaan dengan sesama teman.

collageq

Pukul 8.00, musik keras yang diputar di halaman sekolah menandakan bahwa semua anak harus keluar dari kelas mereka masing-masing. Dengan penuh semangat mereka segera berlari menuju halaman sekolah dengan menyuarakan yel-yel kelas mereka. Dengan koordinasi yang sangat baik antar tutor, anak-anak dengan cepat membentuk barisan rapi sesuai kelas mereka masing-masing.

“Siapa kita?” ~ “Kita Anak Hebat!”

“SDN PAKUNDEN 1” ~ “Best Friend Forever, Sahabat Selamanya!”

Kompak, itulah teriakan siswa-siswi ketika MC menanyakan siapa mereka. Acara dilanjutkan dengan menonton pertunjukan sulap dari Mister Zaky, tutor EMAS yang memang mahir untuk membuat terkesima dengan magic yang dimilikinya. Dengan duduk santai, anak-anak diajak bermain sulap dengan berhitung angka.

Selanjutnya, inilah yang paling ditunggu oleh anak-anak. Mereka tidak sabar ingin segera menunjukkan dukungan mereka kepada teman mereka yang sedang berbaring di rumah sakit Dr. Sutomo Surabaya. Dukungan itu dilakukan dengan aksi simbolis membubuhkan telapak tangan berwarna wani di kain putih berukuran 4 meter diantara tulisan “GWS my friend” yang sudah disiapkan oleh tutor sebelumnya. Anak-anak berbaris rapi dan bergantian menyelupkan tangan dengan  warna favorit mereka. Dipandu oleh tutor, saat menempelkan tangan, mereka mengucapkan doa agar teman mereka cepat sembuh dan segera kembali bersekolah. Dan pada akhirnya terlihatlah doa mereka yang indah berupa warna-warni telapak tangan dari keluarga besar SDN Pakunden 1.

collage

Memasuki puncak acara, mereka diberi hadiah persembahan dari English Massive untuk dibagi merata dan acara ditutup dengan menyanyikan lagu dari Nidji yang berjudul “Arti Sahabat” yang telah diajarkan tutor di setiap kelas tadi. Merinding, lagu tersebut dinyanyikan dengan lantang dan bersemangat. Makna dari lagu itu membuat tutor dan guru di sana bersemangat berkat  kebersamaan dan keceriaan mereka selama kegiatan berlangsung.

Tetap semangat SDN Pakunden 1, kalian hebat, belajarlah dari ujian yang telah berlalu dan tunjukkan bahwa persahabatan kalian masih ada.