Have Fun on School Holidays: WIJAYA & BETET TOWN HOUSE (BTH) Betet

Libur semester sekolah merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak setiap tahunnya. Ikuti cerita anak-anak partisipan English Massive dalam mengisi hari libur sekolah mereka.

Bagaimana kegiatan Libur sekolah di spot kamu?

school hol

Suasana pagi yang sepi di persawahan seketika berubah saat rombongan Spot Wijaya dan Betet Town House (BTH) Kelurahan Betet bersama-sama . “Kring,kring..” Bunyi bel sepeda menambah ramai suasana di tengah canda tawa anak-anak di jalan kecil yang membelah hijaunya padi di sawah.

“Okay, welcome to Sumber Cakarsi! Are you ready?” ~

“Yes, we are ready!” ~

 

 

29 Desember 2017

Wajah partisipan semakin ceria ketika memasuki gapura Sumber Cakarsi. Tempat ini menjadi favourite kegiatan outing Spot Wijaya Betet ketika jenuh dengan kegiatan reguler di spot. Lokasinya dekat dengan spot dan bisa dijangkau dengan naik sepeda, selain itu kita dapat menghirup udara segar karena memang masih dapat menjumpai pohon-pohon besar yang terlihat rimbun. Kali ini, mereka mengajak partisipan lain dari Spot BTH yang lokasinya cukup dekat karena berada di satu kelurahan.

 

 

“Kami sadari mengajak anak-anak di area perumahan kami sangat sulit. Alhamdulillah kami dapat bergabung dan di lain waktu semoga dapat mengadakan kegiatan seperti ini lagi”. Tutur Ibu Muty PJ Spot BTH.

20171229_07191s220171229_082527

Selanjutnya, satu per satu anak diminta untuk melakukan perkenalan diri dikarenakan mereka berasal dari spot yang berbeda. Setelah saling kenal, acara dilanjutkan dengan membentuk empat kelompok. Masing-masing kelompok harus terdiri dari partisipan yang berasal dari dua spot yang berbeda.

Tema kegiatan hari ini adalah animal. “Okay, now you can find the animals!” Instruksi dari tutor dan seketika semua anak berpencar mencari setiap kalimat yang telah disembunyikan. Setiap kelompok diajak berpetualang mencari petunjuk berupa characteristic of animals yang disembunyikan di sekitar pepohonan dan semak-semak. Masing-masing kelompok harus mencari empat hewan yang harus ditebak setelah berhasil menemukan semua petunjuk yang mereka cari.

Setelah semua kelompok berhasil menyelesaikan misi, masing-masing anak di tiap kelompok diminta untuk berbicara menjelaskan hewan berdasarkan karakteristik yang mereka temukan kepada tutor. Tentunya tanpa membaca teks yang telah mereka kumpulkan.

collage20171229_085944

Setelah itu, setiap kelompok diajak untuk bermain games di jernihnya air di Sumber Cakarsi. Mereka harus mendeskripsikan hewan yang dapat hidup di air. Seru sekali, hingga pada akhirnya tutor dan partisipan basah kuyup di tengah-tengah sumber.

“Anak-anak terlihat senang untuk kegiatan hari ini. Insyaallah di bulan Maret kami berencana mengadakan kegiatan yang melibatkan English Massive tidak hanya dari spot Wijaya kalau bisa semua spot di Kelurahan Betet akan kami ajak berkolaborasi”. Terang Bapak Putut sebagai PJ di Spot Wijaya.