t“English Massive TPQ Al Kayat hari ini, Jumat 24 Maret 2017 akan mengadakan outbond di Simpang Lima Gumul. Dengan harapan agar anak-anak bisa lebih fresh dalam melanjutkan English Massive  yang selama ini telah dilaksanakan.”

wwBegitulah tuturan semangat Ibu Munawaroh selaku penanggungjawab spot TPQ Al-Kayat. Hujan deras yang mengguyur daerah Tosaren tidak menyurutkan semangat teman-teman kita dari TPQ Al-Kayat untuk menggelar acara outing ke Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri. Mereka tetap melaksanakan acara seperti yang telah mereka agendakan sebelumnya. Luar biasa, partisipan yang didominasi anak-anak tetap hadir di tengah hujan yang sangat deras. Dua unit kereta kelinci yang mereka pesan sebagai kendaraan menuju ke lokasi bahkan penuh sesak oleh anak-anak dan orang tua yang mengantar. Saat langit Kediri gelap, panitia sempat khawatir acara akan diikuti sedikit peserta atau bahkan batal. “Sudah lama kami ingin mengadakan agenda English Massive di luar kelas seperti saat ini. Lihat semangat mereka, tidak surut sedikit pun walau hari ini hujan sederas ini”. Kata Rima Atika Tutor yang mengajar di spot tersebut.

qDi tengah hujan, selepas sholat Jumat, terlihat puluhan anak-anak yang datang diantar orang tua mereka dengan payung dan jas hujan datang di spot TPQ Al-Kayat Tosaren. Mereka langsung berebut naik dan mencari tempat duduk di kereta kelinci yang sudah siap berangkat. Panitia bahkan ada yang basah kuyup membantu persiapan yang akan dibawa ke tempat tujuan. Tepatnya pada pukul 14.00 WIB, walaupun hujan masih gerimis mereka berangkat dari spot menuju Monumen Simpang Lima Gumul. Nampak keceriaan dari anak-anak dan orang tua yang ikut dalam rombongan tersebut saat kereta masih dalam perjalanan.

Sesampainya di lokasi, rombongan langsung menuju area monumen. Kedatangan mereka menyita perhatian pengunjung lain yang juga sedang berwisata di sana. “Okay everyone! We will have fun activities here. We will learn English by playing, singing, and dancing. Are you ready?” Teriak salah satu tutor yang membuka kegiatan di sana. Dengan semangat, anak-anak berbaris rapi dan membuka kegiatan dengan senam dan menari bersama. Semua ikut bergerak tanpa kecuali; PJ, Ibu Lurah yang hadir dan orang tua yang hadir pun mengikuti gerakan tutor saat menari.

collageBerbagai macam games mereka lakukan. Di sela-sela permainan ada beberapa kuis dan tantangan berbicara bahasa Inggris yang diperebutkan oleh semua partisipan seperti memperkenalkan diri, bertanya bagaimana membeli barang, dan lain sebagainya. Semua nampak antusias dan saling berebut kesempatan untuk menjawab dan mendapatkan hadiah. Dan pada akhirnya semua hadiah habis, menandakan pertanyaan dan tantangan dari tutor berhasil mereka jawab.

Tak terasa, jam menunjukkan pukul 16.30. Acara berakhir dengan makan dan sesi foto bersama. “Saya sebagai orang tua sangat senang melihat putri kami ikut dalam kegiatan ini. Terimakasih kepada English Massive atas program belajar bahasa Inggris gratis ini. Saya melihat anak saya semakin berani dan percaya diri saat berbicara bahasa Inggris.” Kesan Ibu Sriyati, salah satu orang tua partisipan yang mengikuti kegiatan Emas di TPQ Al-Kayat.

Inilah wujud antusiasme dan semangat spot TPQ Al-Kayat agar tetap eksis dalam mengikuti program English Massive.

Tonton kebersamaan mereka dalam video berikut: