Galeri Tutor: Mantapkan Jiwa Menatap Tantangan di Depan Mata

[dropcap] S[/dropcap]eiring dengan membeludaknya permintaan spot baru program English Massive di kota Kediri, tim Dinas Pendidikan Kota Kediri Telah menyiapkan back up berupa 15 tutor baru yang secara resmi di rekrut per-tanggal 1 Desember 2016. Setelah melewati beberapa tahap uji coba dengan terjun ke lapangan secara langsung (dalam pendampingan tutor senior dan master tutor) dirasa cukup untuk mengenalkan lapangan dan persiapan yang harus mereka lakukan sebelum benar-benar terjun langsung ke lapangan.

dsc_0004

            Untuk melayani masyarakat dengan type yang sangat heterogen, tentunya tantangan yang dihadapi akan semakin variatif. Masalah yang akan timbul bukan hanya akan terfokus pada ranah akademik, cara mengajar, tehnik pengajaran yang digunakan, namun yang pasti lebih dari itu. Satu yang paling penting adalah faktor mental. Faktor ini akan mempengaruhi gaya komunikasi dan pendekatan antara tutor dengan partisipan, tutor dengan Penanggung jawab spot, atau bahkan sesama tutor. Yang terkadang ini malah menjadi problem inti dari keberhasilan Tutor “mengemong” spot-spot yang akan mereka ampu. Untuk itu, perlu diadakan sebuah pemantapan untuk melihat sejauh mana kesiapan mental tutor dan menggembleng mereka ataupun menyelaraskan gagasan dari Stickholder kepada jajarannya. Pun dengan tutor lama. Mereka yang sudah hampir setahun berkecimpung dalam dunia English Massive perlu di refresh dan di renew agar performnaya kembali greng dan on fire.

dsc_0188

            Mr. Chevy, direktur English Massive, mempunyai cara jitu untuk itu. Diajaklah seluruh tutor ke  Apple Sun Batu, sebuah wana wisata outbound terkenal di kota Batu. Bertolak dari Kediri pukul 10 pagi pada hari jum’at, 25 November 2016, para tutor terlihat sangat antusias. Sesampainya di Apple Sun, sekitar pukul 4 sore, para tutor langsung bergegas ke balai-balai peristirahatan untuk membersihkan diri dan sebagainya. Pukul 6 sore setelah magrib, partisipan meakukan makan malam dan dilanjutkan dengan acara Pemantapan yang dipimpin langsung oleh the captain Mr. Chevy didampingi beberapa master tutor. Ada beberapa poin penting yang beliau sampaikan, diantaranya pesan-pesan untuk tutor baru, ucapan terima kasih kepada tutor lama selama jalannya EMAS sudah bekerja cukup memuaskan sihingga respon masyarakat sangat baik dan diagram animo masyarakat semakin meningkat setiap bulannya.

“Selamat untuk tutor lama, anda telah sukses mengantar EMAS kehati masyarakat kota Kediri sehingga menjadi program yang paling diminati. Untuk itu pula, kalian telah membantu menurunkan tingkat pengangguran dengan membukakan lowongan untuk tutor baru karena kita sudah kualahan menangani spot yang begitu banyak.” Canda beliau dalam suasana yang dingin itu seakan menghangatkan keakraban antara tutor baru dan lama di ruangan terebut.

            Kehangatan pun harus diakhiri, karena jam sudah menunjukkan pukul 22.00 WIB. Keesokan paginya, ketika embun masih berayun dari daun pohon lembayung, tutor diajak untuk membugarkan diri dengan senam. Canda tawa mengiringi, seakan lepas, tuntas segala penat tugas dan kehidupan dinas para pejuang ini. Dilanjutkan dengan sarapan lalu Outbound. Menyenagkan sekali, dari melakukan perkenalan sampai basah kuyup baju, dari flying fox hingga jembatan siratal mustaqim dilewati dengan penuh semangat oleh tutor. Purna sudah kegiatan ini di 26 November sore, mereka pulang dengan senyuman, dengan semangat baru, dengan mental yang menggebu-gebu. Semoga kegiatan ini mampu menjadi pelecut semangat Para Pahlawan Pendidika ini untuk semakin mantap semakin menancap di hati masyarakat ketika mulai atau kembali bertugas di spot-spot masing-masing. Selamat dan sukses, mari buat perubahan, karena perubahan adalah gerakan, bukan sekedar program dan slogan, tapi aksi yang memaksimalkan reaksi. English Massive Tutor memang golden bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttt...