Tidak Perlu ke Kota Lain, Sekarang Bisa Test IELTS di Dinas Pendidikan Kota Kediri

IELTS atau International English Language Testing System merupakan sebuah test Bahasa Inggris berstandar internasional yang dirancang untuk membantu mereka yang ingin bekerja, belajar, atau bermigrasi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat. Kemampuan yang diujikan dalam Test IELTS meliputi 4 keterampilan berbahasa yaitu mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris. Skor IELTS dinilai pada skala 1-9. IELTS dimiliki bersama oleh British Council, IDP: IELTS Australia dan Cambridge English. Dulu Test IELTS hanya tersedia di Kota-Kota besar seperti Surabaya atau Malang, akan tetapi ada kabar gembira bagi Warga Kota Kediri dan sekitarnya yang membutuhkan test IELTS. Saat ini Dinas Pendidikan Kota Kediri telah bekerja sama dengan Widya Mandala Language Institute (WMLI) Surabaya yang menjadi partner resmi IDP  dalam penyelenggaraan Test IELTS, sehingga Warga Kota Kediri bisa mendaftar dan melaksanakan tets ini di Dinas Pendidikan Kota Kediri. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan bagi mereka yang ingin mengambil test IELTS.

Dalam rangka menyebarluaskan informasi penyelenggaraan Test IELTS di Dinas Pendidikan Kota Kediri, English Massive Kota Kediri -yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan- juga telah melakukan simulasi Test IELTS dan kelas persiapaan IELTS dan diikuti oleh peserta tidak hanya dari Kota Kediri, tetapi juga dari Tulungagung, Nganjuk, dan Blitar. Kelas persiapan IELTS dilaksanakan secara daring dan meliputi ke-empat skills -listening, reading, writing, dan speaking. Melalui IELTS preparation class ini, peserta berkesempatan mengenal lebih jauh bentuk test serta strategi dalam mengerjakan test. Selanjutnya, peserta preparation class juga diberikan kesempatan menguji kemampuan mereka melalui IELTS Mock Test yang diselenggarakan di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Penyelenggaraan Test IELTS di Dinas Pendidikan Kota Kediri merupakan test resmi IELTS yang berbentuk Paper-based dengan harga standar yaitu 3.000.000 (2022). Informasi lebih lanjut mengenai Test IELTS dapat diakses melalui laman https://www.ielts.org/about-ielts/what-is-ielts  atau https://ielts.idp.com/indonesia